Penerimaan Polri 2023 Dibuka: Ini Cara Daftar dan Syarat Khususnya

Gambar
Indonesia
Penerimaan Polri 2023 segera dibuka! Simak cara daftar, syarat khusus, dan tips lolos seleksi dalam artikel ini. Persiapkan diri dengan baik dan raih impianmu!

Deskripsi Pekerjaan

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan lembaga keamanan yang bertugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan Polri sangat penting dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Indonesia. Setiap tahun, Polri membuka penerimaan untuk calon anggota Polri. Penerimaan Polri 2023 sudah dibuka, dan berikut ini adalah cara daftar dan syarat khususnya.

Persyaratan Umum

Sebelum mendaftar, pastikan kamu memenuhi persyaratan umum yang berlaku. Persyaratan umum untuk mendaftar menjadi anggota Polri antara lain:

Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun pada tanggal 1 Januari 2023 untuk tamatan SMA/SMK/sederajat
Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun pada tanggal 1 Januari 2023 untuk tamatan D3/S1/sederajat
Tidak terlibat dalam tindak pidana dan bebas dari pengaruh narkoba
Tidak terlibat dalam organisasi terlarang atau organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945
Tidak memiliki tato di tangan, leher, kepala, dan bagian tubuh lainnya yang dapat dilihat ketika mengenakan seragam dinas
Persyaratan Khusus
Selain persyaratan umum, terdapat juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Persyaratan khusus tersebut antara lain:

Tamatan SMA/SMK/sederajat
Bagi calon anggota Polri dengan tamatan SMA/SMK/sederajat, persyaratan khusus yang harus dipenuhi antara lain:

a. Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita
b. Sehat jasmani dan rohani
c. Tidak buta warna
d. Lulus seleksi administrasi
e. Lulus seleksi tahap I, tahap II, dan tahap III

Tamatan D3/S1/sederajat
Bagi calon anggota Polri dengan tamatan D3/S1/sederajat, persyaratan khusus yang harus dipenuhi antara lain:

a. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita
b. Sehat jasmani dan rohani
c. Tidak buta warna
d. Lulus seleksi administrasi
e. Lulus seleksi tahap I, tahap II, tahap III, dan tahap IV

Cara Daftar
Untuk mendaftar sebagai calon anggota Polri, kamu bisa mengikuti proses pendaftaran secara online maupun offline. Berikut ini adalah cara daftar Polri 2023:

Pendaftaran Online
Untuk mendaftar secara online, kamu bisa mengakses laman resmi pendaftaran Polri di https://penerimaan.polri.go.id/. Pastikan kamu telah memenuhi persyaratan yang berlaku sebelum




Dahlan Munawar
lanjut
melakukan pendaftaran. Setelah masuk ke laman pendaftaran, pilih jenis pendaftaran yang kamu inginkan. Terdapat dua jenis pendaftaran, yaitu Pendaftaran Bintara Polri dan Pendaftaran Tamtama Polri.

Setelah itu, isi data diri kamu dengan benar dan lengkap. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen persyaratan yang diminta, seperti KTP, ijazah, dan sertifikat lainnya. Setelah selesai mengisi data, klik tombol "submit" untuk mengirimkan pendaftaran.

Pendaftaran Offline
Untuk mendaftar secara offline, kamu bisa datang langsung ke Polres atau Polsek terdekat dengan membawa dokumen persyaratan yang diminta. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh formulir pendaftaran di laman resmi Polri dan mengirimkan formulir tersebut ke Polres atau Polsek terdekat.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dicatat dan diingat. Nomor registrasi tersebut akan digunakan untuk mengakses informasi selanjutnya mengenai seleksi dan tes.

Tahapan Seleksi
Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari beberapa tahap. Tahapan seleksi tersebut antara lain:

Seleksi Administrasi
Tahap pertama seleksi adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini, panitia seleksi akan melakukan verifikasi terhadap data dan dokumen yang telah kamu kirimkan pada saat pendaftaran. Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi, kamu akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Tes Kemampuan Umum
Tahap kedua seleksi adalah tes kemampuan umum. Pada tahap ini, kamu akan diuji kemampuan verbal, numerik, dan logika. Tes kemampuan umum dilakukan untuk mengukur kemampuan intelektual dan potensi akademik kamu.

Tes Kesehatan
Tahap ketiga seleksi adalah tes kesehatan. Pada tahap ini, kamu akan menjalani tes kesehatan yang meliputi tes fisik, tes psikologi, dan tes kesehatan lainnya. Tes kesehatan dilakukan untuk menjamin kesehatan fisik dan mental calon anggota Polri.

Tes Kesamaptaan Jasmani
Tahap keempat seleksi adalah tes kesamaptaan jasmani. Pada tahap ini, kamu akan diuji kemampuan fisik dan kesamaptaan jasmani. Tes kesamaptaan jasmani dilakukan untuk menjamin bahwa calon anggota Polri mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal.

Wawancara
Tahap kelima seleksi adalah wawancara. Pada tahap ini, kamu akan diwawancarai oleh panitia seleksi untuk mengetahui motivasi dan komitmen kamu dalam menjadi anggota Polri. Wawancara dilakukan untuk mengukur kemampuan sosial dan kepribadian kamu.

Setelah mengikuti tahapan seleksi, kamu akan dinyatakan lolos atau tidak lolos seleksi. Jika dinyatakan lolos, kamu akan diterima sebagai anggota Polri Namun, jika dinyatakan tidak lolos, kamu masih dapat mencoba mendaftar pada seleksi berikutnya.

Syarat Khusus Pendaftaran Polri 2023
Selain persyaratan umum, terdapat juga syarat khusus yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar sebagai calon anggota Polri tahun 2023. Syarat khusus tersebut antara lain:

Usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun untuk Pendaftaran Bintara Polri, serta usia minimal 22 tahun dan maksimal 28 tahun untuk Pendaftaran Tamtama Polri.

Tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan.

Tidak memiliki tato atau bekas tato yang terlihat di seluruh bagian tubuh saat mengenakan seragam dinas.

Tidak memiliki penyakit kronis atau penyakit yang dapat mengganggu tugas kepolisian.

Tidak memiliki catatan kriminal atau terlibat dalam kasus hukum yang dapat merugikan kepolisian.

Tidak terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintah maupun swasta.

Tips Lolos Seleksi Penerimaan Polri 2023
Untuk dapat lolos seleksi penerimaan Polri 2023, kamu harus mempersiapkan diri secara matang dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam lolos seleksi penerimaan Polri 2023:

Persiapkan diri secara fisik dengan berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat. Hal ini akan membantu kamu dalam melewati tes kesamaptaan jasmani.

Persiapkan diri secara akademik dengan belajar dan memperdalam pengetahuanmu dalam bidang kemampuan umum. Kamu dapat memperdalam pengetahuanmu dengan membaca buku, mengikuti kursus, atau mengikuti bimbingan belajar.

Persiapkan diri secara mental dengan mengatasi kecemasan dan stres. Kamu dapat mengatasi kecemasan dan stres dengan melakukan relaksasi, meditasi, atau konsultasi dengan psikolog.

Persiapkan diri dengan menjalankan gaya hidup sehat dan menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi alkohol. Hal ini akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan fisik dan mentalmu.

Persiapkan diri dengan mengikuti pelatihan atau kursus persiapan seleksi Polri. Kamu dapat mencari informasi mengenai pelatihan atau kursus persiapan seleksi Polri di lembaga-lembaga yang terpercaya.

Persiapkan diri dengan mengikuti try out atau simulasi tes seleksi Polri. Hal ini akan membantu kamu dalam memperkirakan kemampuanmu serta membantu kamu dalam mengenal format soal seleksi Polri.

Dengan mempersiapkan diri secara matang dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk lolos seleksi penerimaan Polri 2023.

Kesimpulan
Penerimaan Polri 2023 akan segera dibuka. Untuk dapat mendaftar sebagai calon anggota Polri tahun 2023, kamu harus memenuhi persyaratan umum dan syarat khusus yang dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan diri secara matang dengan berolahraga, memperdalam pengetahuanmu, dan mengatasi kecemasan dan stres.

Meskipun persaingan untuk menjadi anggota Polri cukup ketat, namun dengan persiapan yang matang dan memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, kamu masih mempunyai kesempatan untuk lolos seleksi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mendaftar dan bergabung dengan Polri jika memang kamu merasa memiliki panggilan dan passion di bidang kepolisian.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran lengkap mengenai penerimaan Polri 2023, cara daftar, syarat khusus, dan tips untuk lolos seleksi. Terakhir, jangan lupa untuk terus memperdalam pengetahuanmu dan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai impianmu. Selamat mencoba!
Post a Comment