Update Skill Tahun 2024: 7 Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Update Skill Tahun 2024: 7 Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja
Update Skill Tahun 2024: 7 Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja
Kirim Lamaran
blog, Gaji, Tips pencari kerja

Ringkasan Pekerjaan

  • Tingkat pendidikan: Pendidikan minimal SMA
  • Gender: Pria/Wanita
  • Umur: 21 Tahun
  • Tipe pekerjaan: Penuh Waktu
  • Pengalaman kerja: Kurang dari setahun
  • Besaran gaji: IDR 3.000.000 - IDR 6.000.000
  • Lokasi: Indonesia
  • Tanggal diposting:
  • Tanggal kadaluarsa: 2024-01-01

Skills needed - Memasuki Awal tahun 2024, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Dibutuhkan lebih dari sekadar keterampilan umum untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat. Dalam beberapa tahun mendatang, perkembangan teknologi akan semakin pesat. Jika Anda tidak mengembangkan keahlian Anda, Anda berisiko tertinggal. Menurut Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), terdapat tujuh keterampilan yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2024 di Indonesia. Keterampilan ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft skill dan hard skill. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda dapat unggul dalam persaingan kerja dan siap menghadapi tantangan di era digital yang terus berkembang.

Untuk mengungguli persaingan di era digital, pimpinan perusahaan mulai memanfaatkan teknologi terkini. Hal ini membuat persaingan antar pencari kerja semakin ketat dan kompetitif. Setidaknya ada tujuh keterampilan yang akan dibutuhkan dunia kerja pada tahun 2024, dilansir DQLab UMN yang terbagi dalam dua bentuk, yaitu soft skill dan hard skill.

Keterampilan Lihai (SOFT SKILL)

1. Kreativitas dan kecerdasan emosional

Kreativitas dan kecerdasan emosional adalah dua keterampilan lihai atau soft skill yang sangat penting dalam berbagai situasi dan lingkungan kerja. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang keterampilan tersebut:

Daftar Isi
Kreativitas: Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif untuk memecahkan masalah atau menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas dapat membantu seseorang untuk menemukan cara-cara baru untuk melakukan pekerjaan atau memecahkan masalah, meningkatkan produktivitas, dan memimpin dalam berbagai situasi. Kreativitas juga dapat membantu seseorang untuk lebih fleksibel dan adaptif dalam menghadapi perubahan dan tantangan di lingkungan kerja.

Kecerdasan emosional: Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional dapat membantu seseorang untuk lebih efektif dalam berkomunikasi, memimpin, dan bekerja sama dengan orang lain. Keterampilan ini juga membantu seseorang untuk lebih fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan berbagai situasi yang berbeda dan mengatasi konflik dengan lebih baik.

Kedua keterampilan lihai ini dapat membantu seseorang menjadi pemimpin yang lebih baik, memiliki kemampuan inovatif dan kreatif dalam bekerja, dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan emosional sebagai bagian dari keterampilan lihai atau soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Selain itu, kreativitas dan kecerdasan emosional juga dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan pribadi dan profesionalnya. Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan berpikir out of the box dapat membantu seseorang untuk mencapai kesuksesan dalam karirnya, seperti menciptakan produk atau layanan baru yang inovatif atau menemukan cara baru untuk meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis.

Sementara itu, kecerdasan emosional dapat membantu seseorang untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja, atasan, dan pelanggan. Kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih empatik dan mengatasi konflik dengan lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan kinerja tim dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis.

Untuk mengembangkan kreativitas dan kecerdasan emosional, seseorang dapat melakukan beberapa hal, seperti:
  • Mencari inspirasi dari sumber-sumber yang berbeda, seperti membaca buku, menonton film, atau mengunjungi tempat baru.
  • Berlatih berpikir divergen, yaitu berpikir secara bebas dan tanpa batasan untuk menghasilkan ide-ide baru.
  • Berlatih meditasi atau relaksasi untuk mengelola emosi dan meningkatkan konsentrasi.
  • Melakukan latihan empati, yaitu mencoba memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain.
  • Mencari umpan balik dari rekan kerja atau atasan untuk memperbaiki keterampilan tersebut.
Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, mengembangkan kreativitas dan kecerdasan emosional dapat menjadi keuntungan besar dalam mencapai kesuksesan dan mencapai tujuan pribadi dan profesional. Oleh karena itu, penting untuk terus mengembangkan keterampilan lihai ini melalui berbagai cara yang dapat dilakukan.

7 Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2023.

2. Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah salah satu keterampilan lihai atau soft skill yang sangat penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif, mendengarkan dengan aktif, dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif.

Berikut adalah beberapa aspek penting dari keterampilan komunikasi:

Menyampaikan pesan dengan jelas: Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk merumuskan pesan dengan jelas dan mengungkapkannya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens. Seseorang dengan keterampilan komunikasi yang baik dapat membuat presentasi yang efektif, menulis email yang jelas dan terstruktur, dan menyampaikan pesan secara lisan dengan percaya diri.

Mendengarkan dengan aktif: Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk mendengarkan dengan seksama dan memahami apa yang dikatakan oleh orang lain. Seseorang dengan keterampilan komunikasi yang baik akan memberikan perhatian penuh pada pembicara, memperjelas pemahaman mereka dengan bertanya, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Berinteraksi dengan orang lain secara efektif: Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk membangun hubungan interpersonal yang kuat dan efektif dengan orang lain. Seseorang dengan keterampilan komunikasi yang baik dapat membangun kepercayaan dan kerja sama dengan rekan kerja, atasan, pelanggan, dan mitra bisnis.

Keterampilan komunikasi yang baik dapat membawa banyak manfaat dalam dunia kerja, seperti:
  1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi: Keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu dalam menghindari kesalahpahaman, mempercepat penyelesaian masalah, dan memastikan bahwa semua anggota tim memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan dan tugas mereka.
  2. Meningkatkan hubungan interpersonal: Keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu dalam membangun hubungan interpersonal yang positif dan efektif dengan rekan kerja, atasan, pelanggan, dan mitra bisnis.
  3. Meningkatkan peluang karir: Keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu dalam meningkatkan peluang karir seseorang karena mereka dapat menjadi pemimpin yang efektif dan berbicara dengan percaya diri di depan audiens yang besar.

Untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, seseorang dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Berlatih mengomunikasikan ide-ide secara efektif dan menyampaikan pesan dengan jelas.
  2. Meningkatkan kemampuan mendengarkan dengan aktif dengan memperhatikan ucapan, isyarat tubuh, dan ekspresi wajah.
  3. Menghindari konflik dengan cara berkomunikasi dengan sopan dan hormat kepada orang lain.
  4. Memperluas kemampuan verbal dengan berbicara di depan audiens kecil terlebih dahulu, kemudian meningkatkan pada audiens yang lebih besar.
  5. Belajar dari umpan balik orang lain dan memperbaiki keterampilan komunikasi sesuai dengan kebut
  6. Meningkatkan kemampuan menulis dengan memperhatikan tata bahasa, ejaan, dan struktur tulisan yang baik.
  7. Mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa tubuh yang positif dan memperhatikan ekspresi wajah dan kontak mata saat berbicara dengan orang lain.
  8. Mengasah kemampuan berbahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang dari latar belakang yang berbeda.
  9. Berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan diskusi, presentasi, dan debat untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik.
  10. Mencari peluang untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda-beda dan berlatih cara berkomunikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan situasi.
Penting untuk diingat bahwa keterampilan komunikasi bukan hanya tentang bagaimana menyampaikan pesan, tetapi juga tentang bagaimana menerima dan merespons pesan orang lain. Keterampilan komunikasi yang baik mencakup kemampuan untuk memahami sudut pandang orang lain dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Hal ini akan membantu dalam membangun hubungan interpersonal yang baik dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

3. Mampu beradaptasi

Tidak hanya kecerdasan emosional dan intelektual, di era kolaboratif ini, kita dituntut untuk bisa cepat beradaptasi dengan ritme perusahaan. Skill ini penting karena akan berdampak pada kinerja dan kerjasama tim dalam mencapai target.

Keterampilan beradaptasi atau adaptabilitas adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan mengatasi tantangan yang dihadapi dengan cepat dan efektif. Keterampilan ini sangat penting dalam dunia kerja karena lingkungan kerja seringkali mengalami perubahan dan tantangan yang berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa aspek penting dari keterampilan beradaptasi:

  • Fleksibilitas: Keterampilan beradaptasi mencakup kemampuan untuk bersikap fleksibel dan mampu berubah sesuai dengan kebutuhan situasi. Seseorang yang memiliki keterampilan beradaptasi yang baik mampu berpindah dari satu tugas ke tugas yang lain dengan cepat dan efektif, serta mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dalam lingkungan kerja.
  • Kemampuan belajar: Keterampilan beradaptasi juga mencakup kemampuan untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan situasi yang baru. Seseorang yang memiliki keterampilan beradaptasi yang baik memiliki kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru, menguasai tugas baru, dan memahami tuntutan dan harapan baru.
  • Kemampuan berpikir kritis: Keterampilan beradaptasi juga mencakup kemampuan untuk berpikir kritis dan mengevaluasi situasi dengan objektif. Seseorang yang memiliki keterampilan beradaptasi yang baik mampu memahami situasi secara mendalam, mengidentifikasi solusi yang paling efektif, dan membuat keputusan yang tepat.

Keterampilan beradaptasi yang baik dapat membawa banyak manfaat dalam dunia kerja, seperti:

  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi: Keterampilan beradaptasi yang baik memungkinkan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dalam lingkungan kerja dan tugas yang berbeda-beda, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan.
  • Meningkatkan kemampuan bersaing: Keterampilan beradaptasi yang baik memungkinkan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dalam pasar kerja dan teknologi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan bersaing dalam karir.
  • Meningkatkan peluang karir: Keterampilan beradaptasi yang baik dapat membantu seseorang untuk menjadi pemimpin yang efektif, karena mereka mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan mengatasi tantangan dengan cepat dan efektif.

Untuk mengembangkan keterampilan beradaptasi, seseorang dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  • Bersikap terbuka terhadap perubahan dan berusaha untuk memahami alasan di balik perubahan tersebut.
  • Selalu mencari cara untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta mempelajari tugas-tugas baru yang mungkin muncul.
  • Berpikir positif dan mengubah pola pikir yang kaku atau terlalu melekat pada satu cara berpikir.
  • Belajar dari pengalaman masa lalu dan membuat perencanaan yang baik untuk menghadapi tantangan di masa depan.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan berlatih cara berkomunikasi yang berbeda-beda untuk beradaptasi dengan orang yang memiliki latar belakang atau gaya komunikasi yang berbeda.
  • Selalu siap untuk menghadapi tantangan dan mencari solusi yang kreatif dan efektif dalam mengatasi masalah yang muncul.
  • Menjaga fleksibilitas dan keterbukaan dalam bekerja dengan orang lain, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam tim.
  • Mengembangkan kemampuan untuk mengelola stres dan tekanan dalam situasi yang sulit, sehingga dapat tetap tenang dan fokus dalam menghadapi tantangan.
  • Memperkuat kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan, sehingga dapat memperoleh dukungan dan bantuan saat menghadapi masalah.
  • Mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru dengan terbuka, sehingga dapat menemukan solusi dan peluang baru dalam karir.
Keterampilan beradaptasi adalah keterampilan yang penting dan harus dimiliki oleh setiap orang dalam dunia kerja. Keterampilan ini memungkinkan seseorang untuk mengatasi perubahan dan tantangan yang dihadapi dengan cepat dan efektif, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam karir.

4. Berpikir analitis

Kemampuan memecahkan masalah dan menemukan solusi dapat diperoleh dari berpikir analitis dan kritis. Untuk menghadapi dunia kerja, Anda akan dituntut untuk bisa berpikir kritis seperti mengumpulkan, mengorganisasikan, memvisualisasikan, dan memahami sesuatu dengan baik. Kemampuan berpikir analitis yang baik akan membuat Anda cepat menemukan pola, menarik kesimpulan, dan menemukan solusi yang akan membantu bekerja lebih efektif dan efisien.

Keterampilan berpikir analitis adalah kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi yang kompleks untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam dan mengambil keputusan yang tepat. Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis antara lain:
  • Mengumpulkan data dan informasi yang relevan dan memahami cara mengorganisasi dan menganalisis data tersebut.
  • Mampu mengidentifikasi masalah atau tantangan yang kompleks dan merumuskan pertanyaan yang dapat membantu dalam mencari solusi.
  • Mampu membedakan antara informasi yang relevan dan tidak relevan, dan memprioritaskan informasi yang paling penting untuk dipelajari.
  • Mampu menggabungkan informasi dari berbagai sumber dan melihatnya secara holistik, sehingga dapat melihat gambaran yang lebih besar dari situasi yang dihadapi.
  • Mampu menggunakan alat dan teknik analitis yang tepat untuk mengolah data dan informasi, seperti tabel, grafik, dan model matematis.
  • Mampu menarik kesimpulan yang tepat dari data dan informasi yang telah dianalisis, dan merumuskan rekomendasi atau solusi yang efektif.
  • Mampu mengomunikasikan hasil analisis dengan jelas dan persuasif kepada orang lain, baik secara lisan maupun tertulis.
Keterampilan berpikir analitis penting dalam banyak bidang, termasuk bisnis, teknologi, ilmu sosial, dan ilmu kesehatan. Dengan meningkatkan kemampuan berpikir analitis, seseorang dapat memecahkan masalah yang lebih kompleks dan membuat keputusan yang lebih baik, yang dapat membawa keberhasilan dalam karir dan kehidupan secara keseluruhan.

Terampil dan Kerja Keras ( HARD SKILL)

5. Analisis data

Selain soft skill di atas, hard skill yang juga dibutuhkan dalam dunia kerja kedepannya adalah analisis data. Kemampuan ini diperlukan untuk menentukan metode analisis data yang tepat. Penggunaan metode analisis data yang tepat sangat mempengaruhi hasil analisis. Jika salah memilih metode analisis data, bisa jadi hasil yang diinginkan tidak tercapai sehingga tentunya akan membuang waktu dan tenaga.

Analisis data adalah keterampilan untuk memahami, mengolah, dan menganalisis data dengan tujuan menghasilkan informasi yang bermanfaat dan mendukung pengambilan keputusan yang tepat. 

Beberapa hal yang perlu dikuasai dalam analisis data antara lain:

  • Mampu mengumpulkan data dengan baik dan benar
  • Mampu memproses dan mengorganisasi data dengan efektif
  • Mampu menggunakan teknik statistik dan matematika untuk menganalisis data
  • Mampu menginterpretasikan hasil analisis data dan menghasilkan rekomendasi berdasarkan data
  • Keterampilan analisis data penting dalam berbagai bidang, seperti bisnis, ilmu sosial, kesehatan, dan teknologi. Seorang ahli analisis data yang mahir dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta dan bukti yang jelas.
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang matematika dan statistik, termasuk kemampuan untuk menggunakan software dan tools statistik seperti Microsoft Excel, R, dan Python.
  • Kemampuan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dan memproses data untuk memastikan kualitas dan integritas data.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi tren dan pola di dalam data menggunakan metode statistik dan analisis data, seperti regresi, clustering, dan pengujian hipotesis.
  • Kemampuan untuk menghasilkan laporan dan visualisasi data yang menarik dan mudah dipahami, seperti grafik dan diagram.
7 Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2023.

6. Cloud computing Cloud computing

Cloud computing Cloud computing adalah suatu metode penyampaian berbagai layanan melalui jaringan internet berbagai sumber daya seperti aplikasi berupa penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak lainnya. Kemampuan komputasi awan diprediksi akan semakin dibutuhkan dalam dunia kerja di tahun-tahun mendatang. Karena dengan metode cloud computing, penyimpanan data dan file dapat dilakukan dengan lebih mudah selama ada akses jaringan internet daripada menyimpannya di harddisk atau hardware lainnya.

Cloud computing adalah keterampilan dalam penggunaan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai sumber daya komputasi melalui internet, seperti server, aplikasi, dan data, tanpa harus memiliki infrastruktur IT sendiri. 

Beberapa hal yang perlu dikuasai dalam cloud computing antara lain:

  • Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan layanan cloud computing, seperti IaaS, PaaS, dan SaaS
  • Mampu mengelola sumber daya komputasi dalam lingkungan cloud computing
  • Mampu mengelola keamanan data dan jaringan dalam lingkungan cloud computing
  • Mampu mengoptimalkan kinerja dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya komputasi
  • Keterampilan cloud computing menjadi semakin penting dalam era digital yang semakin maju, di mana banyak perusahaan beralih ke layanan cloud untuk menghemat biaya dan meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas.
  • Memahami dasar-dasar teknologi cloud computing dan konsep yang terkait dengan penyimpanan dan pemrosesan data secara online.
  • Kemampuan untuk mengelola dan mengkonfigurasi infrastruktur cloud, seperti layanan cloud dari Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform.
  • Kemampuan untuk membangun aplikasi yang dapat dihosting di cloud, menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, Java, dan Ruby.
  • Kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi dan layanan cloud dengan sistem bisnis dan teknologi lainnya.

7. Kemampuan mendesain, video, dan pemrograman

Kemampuan mendesain, video, dan pemrograman Hard skill lain yang juga dibutuhkan adalah desain, video, dan pemrograman. Sulit untuk menguasai ketiga jenis keterampilan secara bersamaan. Untuk desain misalnya, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga desain grafis untuk kebutuhan konten perusahaan. Termasuk mengedit video dan pemrograman. Jika Anda ingin bersaing di dunia kerja, setidaknya mulai sekarang persiapkan diri Anda untuk mengasah kemampuan di atas agar mampu bersaing di dunia kerja di masa depan.

Kemampuan mendesain, video, dan pemrograman adalah keterampilan yang berkaitan dengan pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif. 

Beberapa keterampilan yang terkait dengan kemampuan mendesain, video, dan pemrograman antara lain:

  • Kemampuan untuk menggunakan software dan tools seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Sketch untuk mendesain grafis dan ilustrasi yang menarik.
  • Kemampuan untuk membuat video yang menarik dan menghasilkan pesan yang jelas, menggunakan software seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan After Effects.
  • Kemampuan untuk memprogram dan mengembangkan aplikasi web dan mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan Java.
  • Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, keterampilan hard skill seperti analisis data, cloud computing, dan kemampuan mendesain, video, dan pemrograman sangatlah penting untuk membantu seseorang bersaing di pasar kerja yang semakin kompleks dan dinamis. Penting untuk terus meningkatkan dan mengembangkan keterampilan hard skill ini untuk memastikan kemampuan yang memadai dalam mengejar karir yang diinginkan.

Reference:

Berikut ini adalah daftar referensi yang dapat kamu gunakan untuk menambah pengetahuan mengenai skill yang dibutuhkan di dunia kerja tahun 2024:

  1. The Future of Jobs Report 2020, World Economic Forum
    https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020
  2. LinkedIn Learning 2021 Workplace Learning Report
    https://learning.linkedin.com/resources/workplace-learning-report-2021
  3. "10 Skills You Need to Thrive Tomorrow - And the Companies Hiring for Them Today," Inc.
    https://www.inc.com/magazine/202106/suzanne-lucas/10-skills-you-need-to-thrive-tomorrow-and-companies-hiring-for-them-today.html
  4. "The Most In-Demand Hard and Soft Skills of 2021," Indeed
    https://www.indeed.com/career-advice/career-development/most-in-demand-hard-and-soft-skills
  5. "Top Skills You Need to Develop Your Career in 2021," Forbes
    https://www.forbes.com/sites/adunolaadewale/2021/01/04/top-skills-you-need-to-develop-your-career-in-2021/?sh=60bf747c7fb7
  6. "The 7 Most In-Demand Tech Skills for 2021 - and How to Learn Them," CIO
    https://www.cio.com/article/3609548/the-7-most-in-demand-tech-skills-for-2021-and-how-to-learn-them.html
  7. "Top 10 Soft Skills in Demand for Today's Workplace," TopResume
    https://www.topresume.com/career-advice/top-10-soft-skills-in-demand-for-todays-workplace
  8. "The Top Skills You Need to Have on Your Resume in 2021, According to Recruiters and Career Experts," Business Insider
    https://www.businessinsider.com/top-skills-to-put-on-resume-according-to-recruiters-experts-2020-12

Semoga referensi ini dapat membantumu untuk menambah pengetahuan dan informasi mengenai skill yang dibutuhkan di dunia kerja tahun 2024.

Lokasi Pekerjaan

Post a Comment