Membangun Karier di 2024: Keterampilan Wajib yang Harus Dikuasai bagi pencarikerja

Deskripsi Membangun Karier di 2024: Keterampilan Wajib yang Harus Dikuasai bagi pencarikerja

Memahami Tantangan dan Peluang Pasar Tenaga Kerja Masa Depan: Keterampilan Esensial Menurut Laporan WEF


Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum, WEF) secara rutin mengeluarkan studi penting mengenai tren pekerjaan masa depan, yang dikenal sebagai "The Future of Jobs". Studi ini menyoroti sepuluh keterampilan utama yang esensial untuk merespons dinamika pasar kerja yang terus berkembang setiap tahun.

Dalam konteks pasar tenaga kerja global masa depan, akan terjadi pergeseran signifikan yang mengharuskan individu menguasai keterampilan baru, yang mungkin berbeda dari apa yang dimiliki saat ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk terus mengasah dan memperbaharui keterampilan demi bersiap menghadapi perubahan yang akan datang.

Artikel ini akan mengeksplorasi keterampilan apa saja yang akan menjadi penting di masa depan, mengapa keterampilan-keterampilan ini menjadi kunci, dan bagaimana kita dapat bersiap menghadapi tantangan masa depan di dunia kerja.

Empat Faktor Pendorong Kebutuhan Keterampilan Masa Depan

WEF telah mengumumkan inisiatif untuk memberikan pendidikan dan keterampilan kepada satu miliar orang pada tahun 2030, melalui program "Revolusi Reskilling". Program ini dirancang untuk membantu pemerintah dan sektor swasta mencapai tujuan ambisius ini.

Menurut WEF, pada tahun 2024, setengah dari seluruh pekerja global akan membutuhkan pembelajaran keterampilan baru. Hal ini dipicu oleh empat faktor utama, yakni:
  1. Transformasi digital dan perkembangan teknologi.
  2. Munculnya model bisnis baru dan transformasi lingkungan kerja.
  3. Kebutuhan untuk mengatasi kesenjangan keahlian.
  4. Tuntutan adaptasi dan aktualisasi diri di tengah dunia yang terus berubah.

Sepuluh Keterampilan Utama yang Dibutuhkan di Tahun 2024

Untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di masa depan, WEF telah mengidentifikasi sepuluh keterampilan utama yang akan sangat dibutuhkan pada tahun 2025, antara lain:
  1. Pemikiran analitis dan inovatif.
  2. Pembelajaran aktif dan strategi belajar.
  3. Kemampuan memecahkan masalah kompleks.
  4. Berpikir kritis dan analisis.
  5. Kreativitas, orisinalitas, dan inisiatif.
  6. Kepemimpinan dan pengaruh sosial.
  7. Kemahiran dalam teknologi, pemantauan, dan kontrol.
  8. Desain teknologi dan pemrograman.
  9. Ketahanan, toleransi stres, dan fleksibilitas.
  10. Penalaran, pemecahan masalah, dan ideasi.

Mengapa Sepuluh Keterampilan ini Penting?

Kesenjangan keterampilan sering menjadi hambatan bagi perusahaan dalam memanfaatkan peluang pasar dan solusi inovatif. Untuk itu, penting bagi setiap organisasi untuk mengutamakan dan berkomitmen penuh terhadap pengembangan keterampilan karyawannya. Investasi dalam pengembangan keterampilan tidak hanya membantu dalam mempertahankan talenta, tetapi juga memobilisasi komitmen dan goodwill.

Untuk menghadapi "Revolusi Reskilling" dan "The Future of Jobs", penting untuk fokus pada pengembangan program pelatihan untuk pemimpin dan karyawan. Melibatkan semua pemangku kepentingan dalam proses ini adalah kunci untuk memastikan mereka memahami dan menghargai pentingnya pengembangan keterampilan ini.

Langkah Kita Selanjutnya

Sekarang, saatnya bagi kita untuk melakukan introspeksi. Apakah kita telah mempersiapkan diri dengan keterampilan yang disebutkan di atas? Jika belum, tak perlu khawatir. Anda dapat memulai persiapan dari sekarang, misalnya melalui program pelatihan seperti Prakerja.

Prakerja adalah program pengembangan keterampilan vokasional dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena dampak PHK, atau mereka yang membutuhkan peningkatan keterampilan, termasuk para pengusaha mikro dan kecil. Program ini menawarkan berbagai pilihan pelatihan keterampilan, baik itu hard skills maupun soft skills, yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan keterampilan yang diidentifikasi oleh WEF.
Post a Comment