4 Hal inilah Penyebab Anda Gagal Saat Wawancara Kerja ?

Inikah Penyebab Anda Gagal Saat Wawancara Kerja ?


Salah satu tahapan penting dalam melamar sebuah pekerjaan adalah tes wawancara atau biasa kita kenal dengan interview. Wawancara adalah suatu tes untuk menguji kemampuan berkomunikasi dengan baik dimana pelamar kerja akan berhadapan dengan pihak perusahaan.

Pihak perusahaan akan memberi serangkaian pertanyaan kepada pelamar dengan maksud mengenal pelamar lebih jauh dan mengungkap kebiasaan dan kepribadiannya.

Pada saat wawancara kerja, ada hal-hal yang harusnya dihindari oleh pelamar kerja saat wawancara tengah berlangsung. Jika Anda akan menghadapi tes wawancara kerja, maka Anda perlu menghindari penyebab kegagalan seperti, kesalahan :


1. Hindari kesalahan berbicara

Kesalahan berbicara bisa berakibat fatal bagi Anda. Anda diharuskan untuk jujur dan sopan agar pihak perusahaan tertarik menerima Anda. Jangan sampai Anda menyinggung perasaan pewawancara.

Berikut ini yang harus Anda hindari agar tidak terjadi kesalahan dalam berbicara:

  • Hindari berbohong,
  • Hindari berkeluh-kesah,
  • Hindari mengkritik perusahaan,
  • Hindari membicarakan kejelekan orang lain,
  • Hindari berdebat.

Ya, beberapa hal diatas adalah hal-hal yang harus dihindari dalam berbicara karena mempengaruhi kualitas komunikasi Anda. Misalnya, saat Anda berbohong maka Anda akan cenderung kelihatan gugup dan terbata-bata. Atau ketika Anda mengeluh Anda akan tampak sebagai seorang yang pesimis.

Biasakanlah untuk berkata-kata yang jujur, optimis, dan memilih apa yang harus disampaikan dan apa yang sebaiknya tidak perlu diungkapkan.


2. Hindari menuntut gaji yang terlalu tinggi

Biasanya salah satu pertanyaan ketika wawancara adalah mengenai gaji. Pewawancara akan bertanya berapa gaji yang Anda inginkan. Pertanyaan ini tentu terlihat agak menjebak dan Anda akan merasa serba salah untuk menjawab.

Yang perlu Anda lakukan adalah Anda harus mengetahui tanggung jawab dari posisi yang dilamar dan berapa biasanya gaji yang diberikan untuk posisi tersebut. Sebaiknya, hindari menuntut gaji yang terlalu tinggi karena Anda akan terlihat sombong di mata pewawancara. Tetapi juga jangan menuntut gaji yang terlalu rendah, karena Anda akan terlihat tidak menghargai diri sendiri.

Itulah hal-hal yang harus Anda hindari dalam menghadapi tes wawancara kerja. Untuk dapat menghindarkan diri Anda dari hal-hal diatas, Anda tentunya dituntut banyak belajar dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Kenali posisi kerja yang Anda lamar, kenali seberapa jauh potensi yang Anda miliki, dan berusahalah untuk terbiasa berkomunikasi dengan baik.

Inikah Penyebab Anda Gagal Saat Wawancara Kerja ?


3. Bahasa tubuh

Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika ada banyak hal yang dinilai saat wawancara berlangsung, termasuk bahasa tubuh yang ditunjukkan. Umumnya, bahasa tubuh ini dilakukan secara tidak sadar.

Untuk itu, jauh-jauh hari sebelum wawancara kerja berlangsung Anda harus berlatih mengatur bahasa tubuh yang baik saat interview msalnya cara duduk, berjalan, memandang, dan berbicara.

Beberapa bahasa tubuh yang mengganggu saat wawancara kerja diantaranya adalah duduk bersandar (menujukkan Anda malas atau enggan), duduk agak maju (menujukkan keagresifan), memainakn rambut atau baju karena gugup, menggigit kuku, dan lain-lain. Meskipun gugup, usahakan untuk tetap tenang dan duduk dalam posisi yang tegak penuh percaya diri.


4. Bercerita berlebihan

Saat wawancara kerja, memang dianjurkan untuk terbuka dan berkata apa adanya. Tapi ini tidak lantas membuat Anda menceritakan keseluruhan kehidupan Anda secara berlebihan, terlebih jika itu tidak diminta oleh pewawancara. Untuk itu, sebisa mungkin jawablah pertanyaan yang diajukan dengan jelas dan seperlunya saja.

Meskipun ketika ditanya mengenai profil atau pribadi Anda, jelaskan secara umum dan tentunya yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Hindari untuk menceritakan keluhan pribadi atau keburukan atasan di perusahaan yang lama yang sama sekali tidak ada sangkut pautnya .

Selain 4 hal di atas, Anda juga harus rajin menggali informasi terlebih dahulu terkait perusahan atau instansi yang mengundang wawancara kerja tersebut. Selain agar Anda dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan berarti seputar perusahaan dan pekerjaan yang kemungkinan akan Anda jalankan, hal ini juga dapat menunjukkan dan kesungguhan Anda dalam melamar pekerjaan tersebut.

Post a Comment