Tes Psikologi SIM Secara Online, jawaban tes psikologi eppsi sim 2023

Gambar
Tes Psikologi SIM Secara Online. Sekarang Tes Psikologi untuk persyaratan pembuatan SIM Baru / Perpanjangan jadi lebih praktis dengan ePPsi.
Lamar sekarang

Deskripsi Pekerjaan

Sekarang banyak proses pemeriksaan psikologi yang bisa dilakukan secara online, termasuk tes psikologi untuk persyaratan pembuatan SIM baru atau perpanjangan. ePPsi adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan tes psikologi secara online. Dengan ePPsi, Anda bisa mengakses tes psikologi dari rumah tanpa harus mengunjungi tempat tes secara fisik. Ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat atau tinggal jauh dari tempat tes. Pastikan untuk memastikan bahwa aplikasi ini resmi dan diakui oleh pihak berwenang sebelum menggunakannya untuk memenuhi persyaratan SIM Anda.

Apa itu ePPsi SIM?

ePPsi atau yang biasa di sebut "e-Psychological Test for SIM" yang berarti tes psikologi untuk SIM secara online. Ini adalah sebuah aplikasi atau platform yang memungkinkan calon pemilik SIM untuk mengikuti tes psikologi dari rumah atau tempat mereka berada tanpa harus mengunjungi tempat tes secara fisik. Tes psikologi ini diperlukan sebagai persyaratan dalam pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM. Dengan ePPsi, proses tes psikologi menjadi lebih mudah, praktis, dan efisien. Namun, pastikan untuk memastikan bahwa aplikasi ini resmi dan diakui oleh pihak berwenang sebelum menggunakannya untuk memenuhi persyaratan SIM Anda.

Berapa lama tes psikologi SIM

Durasi tes psikologi SIM bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis tes yang digunakan dan tahapan tes. Tes psikologi biasanya melibatkan serangkaian pertanyaan dan tugas yang harus dilakukan oleh calon pemilik SIM. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam mengendalikan kendaraan dan memastikan bahwa mereka memenuhi syarat kesehatan dan mental yang diperlukan untuk mengemudi.

Umumnya, tes psikologi SIM memakan waktu sekitar 1-2 jam untuk selesai. Namun, ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis tes yang digunakan dan kecepatan setiap individu dalam menyelesaikan tugas. Beberapa tes mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan, sementara yang lain bisa selesai dalam waktu yang lebih singkat. Pastikan untuk memastikan informasi terkait durasi tes psikologi SIM dengan pihak yang berwenang sebelum mengikuti tes.

Beberapa tujuan lain dari tes psikologi SIM meliputi:

  1. Menilai kemampuan persepsi visual dan reaksi seseorang, seperti kemampuan menilai jarak dan kecepatan objek yang bergerak.
  2. Menilai kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan dan mengatasi situasi yang tidak pasti.
  3. Menilai kondisi kesehatan mental seseorang dan memastikan bahwa seseorang memiliki kesehatan mental yang memadai untuk mengendalikan kendaraan.
  4. Memastikan bahwa seseorang memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai untuk mengendalikan kendaraan dalam situasi darurat.
  5. Memastikan bahwa seseorang memiliki pemahaman yang memadai tentang peraturan dan regulasi yang berlaku untuk pengendaraan.
Itu hanya beberapa contoh tujuan utama dari tes psikologi SIM. Pastikan untuk memastikan informasi terkait tujuan tes psikologi SIM dengan pihak yang berwenang sebelum mengikuti tes.

Apa saja isi tes psikologi

Isi tes psikologi untuk memenuhi persyaratan pembuatan atau perpanjangan SIM biasanya melibatkan serangkaian tugas dan pertanyaan yang bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam mengendalikan kendaraan. Tes ini bisa melibatkan:
  1. Tugas-tugas perilaku: Ini mungkin melibatkan tugas seperti mengendalikan simulator kendaraan atau menjawab pertanyaan tentang situasi pengemudi.
  2. Tes persepsi visual: Ini bisa melibatkan tugas seperti menilai jarak dan kecepatan objek yang bergerak.
  3. Tes pemecahan masalah: Ini bisa melibatkan tugas seperti menyelesaikan masalah matematis atau mengambil keputusan dalam situasi tertentu.
  4. Tes psikologis: Ini bisa melibatkan tugas seperti menjawab pertanyaan tentang perilaku dan emosi, atau menilai kepribadian dan gaya hidup.
  5. Tes kesehatan mental: Ini bisa melibatkan tugas seperti menjawab pertanyaan tentang kesehatan mental dan kondisi medis tertentu.
Jenis dan isi tes psikologi bervariasi tergantung pada negara atau wilayah yang bersangkutan. Pastikan untuk memastikan informasi terkait tes psikologi yang harus diikuti dengan pihak yang berwenang sebelum mengikuti tes.

Apa saja soal tes psikologi SIM di indonesia

Di Indonesia, soal tes psikologi SIM bervariasi tergantung pada pihak yang menyediakan tes. Namun, tes ini biasanya melibatkan serangkaian tugas dan pertanyaan yang bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam mengendalikan kendaraan. Berikut adalah beberapa contoh tugas dan pertanyaan yang sering muncul dalam tes psikologi SIM di Indonesia:
  1. Tugas-tugas perilaku: Ini mungkin melibatkan tugas seperti mengendalikan simulator kendaraan atau menjawab pertanyaan tentang situasi pengemudi.
  2. Tes persepsi visual: Ini bisa melibatkan tugas seperti menilai jarak dan kecepatan objek yang bergerak.
  3. Tes pemecahan masalah: Ini bisa melibatkan tugas seperti menyelesaikan masalah matematis atau mengambil keputusan dalam situasi tertentu.
  4. Tes psikologis: Ini bisa melibatkan tugas seperti menjawab pertanyaan tentang perilaku dan emosi, atau menilai kepribadian dan gaya hidup.
  5. Tes kesehatan mental: Ini bisa melibatkan tugas seperti menjawab pertanyaan tentang kesehatan mental dan kondisi medis tertentu.
Itu hanya contoh umum dan masing-masing tes psikologi SIM mungkin berbeda-beda tergantung pada pihak yang menyediakan tes. Pastikan untuk memastikan informasi terkait soal tes psikologi SIM dengan pihak yang berwenang sebelum mengikuti tes.

Demikian beberapa contoh soal yang bisa Anda pelajari sebelum mengikuti tes psikologi SIM
Setiap tes psikologi memiliki tujuan untuk menilai kemampuan dan kompetensi seseorang, dan soal dan kunci jawaban dapat berubah setiap tahun.

Sebaiknya, untuk memastikan informasi yang benar dan akurat, Anda bisa menghubungi pihak yang berwenang atau instansi yang menyelenggarakan tes psikologi SIM. Mereka dapat memberikan informasi terbaru mengenai soal dan kunci jawaban yang sesuai.

Tujuan mengikuti tes psikologi SIM

Tujuan utama mengikuti tes psikologi SIM adalah untuk menilai kemampuan dan kompetensi seseorang dalam mengendalikan kendaraan. Tes ini bertujuan untuk memastikan bahwa seseorang memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai untuk mengendalikan kendaraan dengan aman dan bertanggung jawab.

Biaya tes psikologi bisa berbeda-beda tergantung pada instansi atau lembaga yang menyelenggarakannya, dan bisa berubah setiap tahun.

Sejak tanggal 1 Januari 2022, biaya tes psikologi SIM mengalami penyesuaian menjadi Rp37.500 sudah termasuk pajak. 

Sekalipun sudah ada kunci jawaban tes psikologi eppsi sim semacam ini, tentu akan lebih baik lagi jika kalian terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakannya.
 
1. Saya suka berkendara dengan kecepatan tinggi (YA/TIDAK)
2. Jarak pandang saya berkurang saat berkendara pada malam hari (YA/TIDAK)
3. Saya sering emosi ketika di klakson pengendara lain (YA/TIDAK)
4. Saya selalu menaati aturan lalu lintas (YA/TIDAK)
5. Apabila lampu lalu lintas merah saya berhenti (YA/TIDAK)
6. Ketika berkendara saya selalu memakai helem (YA/TIDAK)
7. Jika ada yang menyeberang jalan saya berhenti dulu (YA/TIDAK)
8. Saya suka berhenti di atas garis marka (YA/TIDAK)
9. Kendaraan saya sesuai dengan standar aturan yang ditentukan (YA/TIDAK)
10. Apabila akan berbelok saya menyalakan lampu sen (YA/TIDAK)
11. Apabila ada yang menyalip, saya emosi (YA/TIDAK)
12. Apakah anda mudah lelah saat berkendara (YA/TIDAK)
13. Saya mudah putus asa jika ada masalah (YA/TIDAK)
14. Saya tidak senang jika orang lain berhasil (YA/TIDAK)
15. Saya menggunakan kacamata (YA/TIDAK)
16. Saya mudah sekali lapar jika sedang bekerja (YA/TIDAK)
17. Kepala selalu pusing jika ada masalah (YA/TIDAK)
18. Saya emosi jika ada yang menyalip (YA/TIDAK)
19. Saya selalu fokus dengan pekerjaan (YA/TIDAK)
20. Apabila salah saya selalu meminta maaf (YA/TIDAK)

Selain menghadapi tes psikologi seperti di atas, kalian juga akan diberi tugas untuk menyelesaikan soal seperti di bawah berikut ini.
 
1. Pengemudi kendaraan bermotor di jalan diwajibkan mengemudikan kendaraan sesuai batas kecepatan yang dinyatakan dengan rambu kemudian lintas;
 
A. Benar, demi keamanan pengendara dan pengguna jalan lain serta sesuai dengan infrastruktur jalan yang dilalui
 
B. Salah, kecepatan kendaraan diadaptasi dengan keterampilan dan keyakinan pengemudi
 
C. Salah, selama jalan sepi pengemudi sanggup mengendarai di atas batas kecepatan
 
D. Benar, kecuali untuk kendaraan besar/truk/tronton sanggup dikemudikan di bawah kecepatan yang ditentukan
 
Jawaban : a
 
2. Lampu rem pada kendaraan bermotor sesuai ketentuan adalah?
 
A. Hijau dan menyala tidak berkelip
 
B. Merah dan menyala tidak berkelip
 
C. Kuning renta dan menyala berkelip - kelip
 
D. Merah dan menyala berkelip - kelip
 
Jawaban :d
 
3. Golongan SIM apakah yang diharapkan kalau anda hendak mengendarai motor 250 cc?
 
A. Golongan SIM C I
 
B. Golongan SIM C II
 
C. Golongan SIM C
 
Baca Juga: Diskon Gercep Rp11 di Blibli! Dapatkan Promonya Sekarang!
 
D. Golongan SIM C I dan C II benar
 
Jawaban :a
 
4. Berapa kali batasan maksimal seseorang untuk mengikuti tes mendapat SIM (Surat Izin Mengemudi)?
 
A. 4 kali
 
B. 3 kali
 
C. 2 kali
 
D.Tidak ada batasan yang penting memenuhi persyaratan yang berlaku
 
Jawaban :d
 
5. Manakah yang tidak termasuk dalam peralatan pendukung kendaraan beroda dua?
 
A. Rompi pemantul cahaya
 
B. Sepatu yang menutup tumit
 
C. Helm yang berstandar SNI
 
D. Kacamata hitam
 
Jawaban :b
 
6.Pengemudi tidak boleh mendahului kendaraan lain apabila:
 
A. Kendaraan lain yang sedang memberi kesempatan menyeberang kepada pejalan kaki atau pengendara sepeda
 
B. Kendaraan lain di persimpangan atau persilangan sebidang;
 
C. Butir a dan b benar semua
 
D. Butir a dan b salah semua
 
Jawaban :c
 
7. Di antara persyaratan berikut, manakah yang harus dipenuhi untuk mendapat SIM?
 
A. Usia
 
B. Lulus Tes Teori dan Praktek
 
C. Persyaratan kesehatan
 
D. Semua jawaban benar
 
Jawaban; D
 
8. Isyarat peringatan dengan suara yang berupa klakson sanggup digunakan apabila:
 
A. Melewati kendaraan bermotor lainnya
 
B.Diperlukan untuk keselamatan kemudian lintas;
 
C. Butir a dan b benar semua
 
D. Butir a dan b salah semua
 
Jawaban; C
 
9. Marka Kotak Kuning (Yellow Box Junction) adalah
 
A. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang kendaraan menerobos alat pemberi kode kemudian lintas
 
B. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk membagi jalur jalan
 
C. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti di suatu area
 
D. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang mendahului kendaraan lain
 
Jawaban: B
 
10. Fungsi tuas transmisi adalah…
 
A. Menambah kecepatan
 
B. Memperlambat kecepatan
 
C. Memindahkan gigi transmisi
 
D. Memberi kode kendaraan ketika akan berbelok
 
Jawaban: C
Post a Comment