Lowongan kerja KAI gelombang kedua telah dibuka untuk lulusan SMA/SMK, D3, dan D4/S1.

Gambar
indonesia
Negosiasi
Full Time
Fresh Graduate

Deskripsi Pekerjaan

Pada tanggal 2 Juni 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka lowongan kerja gelombang kedua. Lowongan ini memberikan kesempatan kepada lulusan Diploma 3 (D3), Diploma 4/Sarjana (D4/S1), dan SMA/SMK untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan perusahaan yang mengelola layanan kereta api di Indonesia. Saat ini, KAI membuka lowongan kerja untuk gelombang kedua. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini, inilah kesempatan yang tepat! Artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai kualifikasi yang dibutuhkan, tanggung jawab pekerjaan, serta cara melamar.

Kualifikasi yang Dibutuhkan

KAI membuka lowongan kerja untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari D3 (Diploma 3) hingga D4/S1 (Diploma 4/Sarjana). Berikut adalah jurusan-jurusan yang dibutuhkan untuk setiap jenjang pendidikan:
  1. SLTA (Sekolah Menengah Atas): Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Komputer (TKJ), Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Telekomunikasi, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat.
  2. D3: Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Perkeretaapian, Manajemen Transportasi, Teknik Elektro/Elektronika, Manajemen, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Sistem Informasi, Teknik Konversi Energi, Teknik Fisika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Telekomunikasi, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Administrasi Publik/Negara.
  3. D4/S1: Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Listrik, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, Teknik Informatika, Teknik Konversi Energi, Teknik Telekomunikasi, Teknik Fisika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Akuntansi.

Tanggung Jawab dalam Pekerjaan

Setiap posisi yang tersedia di KAI memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Tanggung jawab tersebut akan ditentukan sesuai dengan posisi yang dilamar. Namun, secara umum, beberapa tanggung jawab yang mungkin ditugaskan kepada karyawan KAI antara lain:
  1. Melakukan tugas terkait pemeliharaan, perbaikan, atau instalasi sistem teknis yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang relevan.
  2. Melakukan analisis dan evaluasi sistem yang ada untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan.
  3. Menangani perencanaan dan pelaksanaan proyek-proyek teknis.
  4. Mengoperasikan, memelihara, dan mengawasi peralatan atau sistem yang relevan dengan bidang pekerjaan.
  5. Melakukan pemantauan dan pemeliharaan rutin untuk memastikan kinerja yang optimal dari peralatan atau sistem yang digunakan.
  6. Melakukan pemecahan masalah dan perbaikan jika terjadi gangguan atau kerusakan pada peralatan atau sistem.
  7. Mengkoordinasikan dengan tim atau departemen terkait untuk mencapai tujuan pekerjaan.
Catatan penting: Tanggung jawab pekerjaan yang lebih spesifik akan dijelaskan dalam deskripsi posisi yang akan diumumkan oleh KAI. Pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan pekerjaan dengan seksama sebelum melamar.

Cara Melamar

Untuk melamar lowongan kerja di KAI, ada beberapa tahapan yang perlu diikuti. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melamar:
  1. Membaca dan memahami persyaratan pekerjaan yang diumumkan oleh KAI.
  2. Mengirimkan lamaran kerja yang lengkap sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Lamaran biasanya mencakup surat lamaran, CV (Curriculum Vitae), dan dokumen pendukung lainnya seperti ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat pelatihan.
  3. Mengirimkan lamaran melalui metode yang ditentukan, seperti melalui email atau platform rekrutmen online yang disediakan oleh KAI.
  4. Menunggu konfirmasi atau undangan selanjutnya dari KAI terkait proses seleksi.
  5. Jika lolos seleksi awal, peserta akan diundang untuk mengikuti tes atau wawancara sesuai dengan tahapan seleksi yang ditentukan.
  6. Jika diterima, peserta akan diberikan informasi lebih lanjut mengenai proses penerimaan dan pelatihan.
  7. Penting untuk diingat bahwa setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda dalam perekrutan karyawan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperhatikan instruksi dan informasi terbaru yang diberikan oleh KAI dalam pengumuman lowongan kerja mereka.

Kesimpulan

Lowongan kerja KAI gelombang kedua telah dibuka untuk lulusan D3, D4/S1, dan SMA/SMK. KAI memberikan kesempatan kepada berbagai jurusan, seperti teknik, manajemen, informatika, dan lainnya, untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Setiap posisi memiliki tanggung jawab yang berbeda, yang akan ditentukan sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang diumumkan. Bagi yang tertarik, pastikan untuk membaca persyaratan pekerjaan dengan seksama dan mengikuti langkah-langkah dalam proses perekrutan. Semoga sukses dalam melamar dan bergabung dengan PT Kereta Api Indonesia!
Post a Comment